Tokoh Muda Indonesia Dengan Prestasi Mendunia | Dr. Khairul Anwar

Tokoh Inspirasi IndonesiaBelakangan ini Indonesia berhasil mendapat sorotan dunia internasional melalui beberapa tokoh muda berprestasi yang berhasil membawa harum nama Indonesia. Beberapa diantaranya adalah karya – karya jenius yang berhasil mempelopori hal – hal baru di berbagai bidang, seperti sains, teknologi, olahraga dan seni. Selain membanggakan nama Indonesia, penemuan serta karya besar yang mereka hasilkan juga turut memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dunia di berbagai bidang. 

Untuk meraih prestasi – prestasi tersebut, tentunya banyak cerita – cerita menarik dibalik lahirnya tokoh – tokoh inspiratif yang berhasil menaikkan nama besar bangsa kita. Nah, untuk memenuhi keingintahuan anda mengenai tokoh – tokoh muda berprestasi tersebut, Blog OnMol sudah merangkum profil Tokoh Muda Indonesia dengan Prestasi Mendunia. Penasaran ingin tahu profil mereka? Yuk, simak ulasannya disini. 

Dr. Khairul Anwar : Penemu Teknologi 4G 


Indonesia patut berbangga dengan lahirnya salah seorang putra bangsa yang berhasil menciptakan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Melalui hasil ciptaannya inilah, lahir beberapa produk telekomunikasi dengan teknologi 4G yang mampu menembus kecepatan akses jauh lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya, 2G (EDGE) dan 3G (HDSPA). Uniknya, temuannya ini pada awalnya terinspirasi dari jurus salah satu tokoh kartun Jepang, Dragon Ball Z. Khairul mendapatkan inspirasi saat melihat Goku, tokoh utama Dragon Ball Z, hendak melayangkan jurus terdahsyatnya, 'Genki Dama' nom de plume Spirit Ball, dengan menyerap semua energi mahluk hidup di alam, sehingga menghasilkan tenaga yang luar biasa. Berawal dari ide inilah, Khairul lalu merumuskan recipe matematika untuk diterapkan pada penelitiannya. 

Temuannya yang cemerlang dan membanggakan ini, akhirnya berhasil meraih pengakuan dari dunia sains internasional, diantaranya adalah penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang digelar 16-19 Mei 2010, di Taiwan. Hasil temuannya kini telah dipatenkan atas namanya sendiri dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Ilmuwan sekaligus dosen ini dulunya menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan predikat cum laude, kemudian menamatkan S2 di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005, selanjutnya berhasil menyelesaikan studi S3 pada tahun 2008 di kampus yang sama. 

Sebelum meraih prestasi melalui teknologi 4G temuannya, beliau juga pernah mendapatkan prestasi gemilang pada tahun 2006, saat menerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS), di California. Khoirul juga pernah mendapatkan penghargaan bidang Kontribusi Keilmuan Luar Negeri oleh Konsulat Jenderal RI Osaka pada tahun 2007.