Mengapa Anda Harus ke Green Canyon-nya Indonesia?

Informasi Wisata Indonesia - Jika anda bertanya, mengapa anda harus ke Green Canyon-nya Indonesia? Kami akan memberikan jawabannya untuk anda. Green Canyon merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan menantang yang terkenal di Ciamis. Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis, Jawa Barat. Bila anda dari Kota Ciamis, jarak Green Canyon dari kota Ciamis ini kurang lebih 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak kurang lebih 31 km. Letak persisnya Green Canyon masih di luar Pangandaran. Sedangkan Pangandaran sendiri kurang lebih 31 km atau 1/2 stick perjalanan menggunakan mobil pribadi. 

Nama asli tempat ini sebenarnya adalah Cukang Taneuh yang artinya Jembatan Tanah. Yang dimaksud Jembatan Tanah yaitu jembatan yang terbuat dari tanah yang ada di lembah dan digunakan petani untuk menuju kebun mereka. Dahulu masyarakat memberikan nama Cukang Taneuh yang berarti Jembatan Tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Di dekat tempat wisata satu ini terdapat tempat wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru. 



Nama Green Canyon dikenalkan oleh wisatawan yang berasal dari Prancis. Warna air sungai yang kehijauan mungkin menjadi alasan mengapa tempat ini disebut Green Canyon. Tempat wisata ini adalah sebuah aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan batuan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta di samping kanan dan kiri ada dua bukit dengan eksotisme bebatuan dan hijaunya rimbun pepohonan. Semua pemandangan yang ada di Green Canyon menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. 

Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit. Semuanya itu membentuk ciptaan alam yang begitu khas dan begitu menarik untuk dijelajahi. Green Canyon pada mulanya hanya sebuah tempat yang memiliki potensi ragam pesona alam yang berupa sebuah aliran air Sungai Cijulang. Ketika anda sudah mendekati hulu sungai terdapat sebuah gua yang terbentuk oleh sebuah jembatan tanah memiliki stalaktit dan stalaknit yang sangat menakjubkan. Aliran air yang jernih akibat kedalamannya terlihat memantulkan warna kehijau-hijauan, serta terdapat dua bukit di sisi samping dan kanan dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan. 

Alur aliran sungai Cijulang lumayan panjang, sehingga anda dapat berenang sepuasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menjelahi alam bawah sungai. Anda bisa membawa beberapa alat selam. Di dalam sini anda akan disuguhi pemandangan ajaib cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan anda bisa menyaksikan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari di dasar lubuk. 

Bagi yang suka tantangan, anda dapat menikmati serunya meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian sekitar 5 meter ke dasar lubuk yang dalam. Di mulut gua terdapat Air Terjun Palatar dengan percikannya yang begitu deras yang semakin membuat suasana di tempat wisata ini terasa begitu sejuk dan damai. Berbagai aktivitas mengasyikkan bisa anda lakukan di sini mulai dari serunya panjat tebing, berenang di sungai dan bersampan sambil memancing ikan. Anda juga bisa menikmati serunya menyusuri aliran sungai di Green Canyon dengan peralatan sederhana yang sering disebut Bodyrafting. 

Bagi anda yang berkunjung ke Green Canyon ternyata bukan hanya dapat berwisata saja. Tempat wisata ini juga kaya akan mitos. Menurut masyaraka lokal, bagi yang ingin mendapatkan jodoh dan awet muda bisa mengusapkan air yang menetes dari celah-celah tebing Green Canyon ke wajah beberapa kali. Hal ini sangat dipercayai beberapa kalangan masyarakat terutama masyarakat domestik. Bahkan air yang ada tersebut dapat diminum langsung dan rasanya seperti air mineral biasa. Namun untuk bisa benar-benar menikmati keanggunan Green Canyon, anda harus paham dengan musim yang tepat untuk berkunjung. Saat terbaik untuk bisa menikmati keindahan Green Canyon adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Jika anda datang pada musim hujan, terkadang deras arus sungai membuat warna airnya menjadi coklat dan keruh. Jika anda ingin ke Green Canyon, bulan April hingga September adalah saat yang terbaik untuk berkunjung.