Berita Otomotif Terlengkap Tentang Mesin Mobil

Berita Otomotif

Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, "Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km." Penghobi engine sejak SD ini, juga menyarankan Anda untuk tidak lupa memeriksa kondisi gir. "Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba," kata Deny Berita Otomotif

Berita Otomotif Terlengkap

Bersihkan bagian pilot dan principle stream engine. Untuk menyetel angin engine tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-a), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum stick, maksimal 1/2 putaran. Untuk tipe Vakum, yaitu engine keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan fundamental fly. "Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum stick," paparnya. Untuk penyetelan klep engine 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km Berita Otomotif

Berita Otomotif Terlengkap Tentang Mesin Mobil

Engine buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non upkeep). "Tapi setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti," terang Deny. "Sedangkan engine yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi," lanjutnya. Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, engine tidak mampu di starter. Deny tidak menyarankan untuk memaksa engine menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi Berita Otomotif.