Ini Cara Membeli Saham Online

Investasi saham adalah salah satu pilihan untuk berinvestasi yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan investasi di bidang lain. Mulai dari kemudahan, kepraktisan, dan imbal hasil yang cukup tinggi. Sekarang berinvestasi saham sangat mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online. Kita bisa membeli saham secara online melalui internet, di rumah, di mana pun asal terhubung dengan internet. Namun tidak banyak masyarakat awam yang mengetahui bagaimana cara beli saham secara online. Artikel ini akan menjawab secara tuntas pertanyaan tersebut.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membeli saham secara online:
Cara Membeli Saham Online

1. BUKA REKENING SAHAM 
Untuk bisa cara beli saham kita harus terdaftar sebagai nasabah suatu sekuritas (pialang / broker). Perusahaan sekuritas adalah perantara bagi kita untuk bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kita perlu mendaftar menjadi nasabah di salah satu broker. Jika Anda ingin membeli saham secara online, pastikan broker yang Anda pilih memiliki fasilitas software online trading yang bagus dan mudah digunakan. Untuk membuka rekening saham tidak dikenakan biaya apapun, gratis. Anda hanya perlu mengisi formulir dan melengkapinya dengan fotocopy dokumen-dokumen yang diperlukan. 

2. DEPOSIT DANA 
Setelah rekening saham jadi, biasanya 1-2 minggu, kita dikirimi email konfirmasi pembukaan rekening saham. Di dalam email tersebut terdapat informasi username, password, PIN, dan nomor Rekening Dana Investor (RDI). Kita perlu melakukan deposit dana ke RDI tersebut sejumlah nilai minimal yang ditentukan oleh broker tempat membuka rekening. Rekening Dana Investor ini berupa rekening bank atas nama kita sendiri, tapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM. RDI ini memang hanya digunakan untuk menyimpan dana kita sebelum digunakan untuk membeli saham. Untuk melakukan deposit dana, kita bisa transfer via teller bank, atau lewat ATM, internet banking.


3. INSTALL SOFTWARE ONLINE TRADING 
Download dan install software online trading yang disediakan oleh broker tempat Anda membuka rekening. Biasanya ada versi komputer, atau mobile (Android atau iPhone). Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Umumnya software ini gratis, tidak ada biaya pemakaian. Selanjutnya Anda bisa login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya via email. Setelah login Anda biasanya diminta mengganti password dan PIN untuk keamanan. Di software online trading ini, Anda bisa melihat deposit dana yang sudah disetor. Gambar di bawah adalah contoh salah satu software online trading yang digunakan untuk membeli atau menjual saham.

HOTS Screenshot

4. BELI / JUAL SAHAM MENGGUNAKAN SOFTWARE 
Di dalam software online trading tersebut, ada menu untuk beli jual saham. Masukkan PIN, tanpa PIN kita tidak bisa bertransaksi saham. Pilih menu beli saham (Buy). Kemudian Anda tinggal memasukkan kode saham yang ingin dibeli. Tiap saham diberi kode 4 huruf, misalnya saham PT Aneka Tambang Tbk diberi kode ANTM. Masukkan harga saham yang ingin dibeli dan masukkan jumlah lot saham yang ingin dibeli. Minimal pembelian adalah 1 lot atau 100 lembar. Kemudian klik tombol Send. Gampang kan

HOTS Buy
Untuk menjual saham, juga lewat software tersebut. Tinggal pilih menu jual (Sell). Bila ada keuntungan dari penjualan saham, maka keuntungan tersebut langsung masuk ke saldo kita.

5. PELAJARI STRATEGI INVESTASI SAHAM



Kita tentu saja tidak bisa asal membeli dan menjual saham, bisa-bisa bukannnya untung tapi malah rugi. Kita perlu mempelajari strategi yang tepat dalam berinvestasi, mulai dari memilih saham dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham. Anda bisa membaca berbagai artikel yang ada di website ini untuk memperdalam pengetahuan tentang investasi saham atau bisa juga membaca berbagai buku tentang investasi dan trading saham