Klasemen MotoGP 2017: Marquez Juara Dunia, Rossi Kelima

Klasemen MortoGP 1 - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, hanya finis ketiga pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (12/11/2017). Namun, hasil tersebut sudah cukup mengantar Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2017. 

Image result for Klasemen MotoGP 1
Marquez menutup musim 2017 dengan raihan 298 poin. Dia unggul 36 poin atas rider Ducati, Andrea Dovizioso, di posisi runner up dengan koleksi 261 poin. Dovizioso tak mampu menambah koleksi poin pada balapan MotoGP Valencia karena gagal merampungkan balapan setelah terjatuh. 

Posisi ketiga pada klasemen akhir ditempati pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Finis di posisi ke-12 pada MotoGP Valencia, Vinales total mengantongi 230 poin. 

Perubahan terjadi pada peringkat keempat dan kelima. Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi, harus merelakan posisi keempat diambil alih Dani Pedrosa. Pebalap Repsol Honda itu merangsek ke posisi keempat setelah menjuarai MotoGP Valencia, di sisi lain Rossi hanya finis kelima. 

Peringkat keenam ditempati rookie milik Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Dia mengoleksi 174 poin setelah finis kedua pada MotoGP Valencia. 

Bagi Marc Marquez, ini adalah gelar juara dunia keempat di kelas MotoGP. Sebelumnya dia juga juara dunia pada 2013, 2014, dan 2016.