Tata Motors Uji 2 Mobil Pick Up Lintas Sumatera, Ini Hasilnya


Tata Super Ace HT (kanan) dan Tata Xenon HD (kiri) yang akan digunakan dalam ekspedisi Jelajah Pasar Nusantara 2018. Dok Tata Motors.

Jual Mobil Pick Up - PT Tata Motors Distribusi Indonesia menguji dua kendaraan Pick up-nya untuk menjelajahi pasar yang ada di wilayah Sumatera, Tata menguji dua kendaraannya yakni Tata Xenon Pickup 3000 turbo diesel, dan Tata Super Ace HT1400 turbo diesel.
"Saat dari Aceh, kami membeli komoditi dan ditambah terus sampai Lampung seperti kemiri dan lain- lain, kurang lebih berat beban yang di beli sampai 1 ton. Kami memilih komoditi yang tidak busuk" kata Road Captain Tata Motors Jelajah Pasar Nusantara, Yoni Sutoyo, Kamis 9 Agustus 2018.
Menurut Yoni, team yang berangkat terdiri dari 11 orang dengan 21 hari perjalanan dari Jakarta-Aceh-Jakarta menuju pasar-pasar yang ada di wilayah Sumatera. "Dua mobil ini mesinnya bandel, bawa muatan di jalan berlubang lalu trek naik serta turun gesit sekali tidak ada masalah saat bawa barang," ujarnya.
Saat menanjak, kata Yoni, kedua mobil samgat stabil dan tidak slip di bagian kopling, sehingga membawa muatan banyak masih tetap aman.
Untuk Tata Xenon jarak tempuh mencapai 2848,8 kilometer dan konsumsi bahan bakar mencapai 281,84 liter, sementara Tata Ace HT menempuh jarak 2939,7 kilometer jarak tempuh, dan konsumsi bahan mencapai 182,2 liter.
Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commersil Vehicle tata motors distribusi Indonesia mengatakan dua unit kendaraan yang di uji yakni Tata Xenon Pickup 3000 turbo diesel dengan Tata Super Ace HT 1400 turbo diesel.
"Setelah ekspedisi ini nanti akan kami bicarakan lagi selanjutnya pulau mana lagi yang akan kita tuju, Tata harus menjadi bagian dari Indonesia," ujarnya.
Wilda juga mengatakan, cita-citaTata Motors membuat serial seperti ini, saat ini Sumatera sudah selesai, mungkin nanti ada Pulau Jawa dan yang lainnya.
"Dua mobil ini memang salah satu penjualannya paling banyak di Tata Motors. Bukan hanya karena produknya tapi juga market Indonesia, itu kan mobil pick up paling besar," katanya.
Untuk Tata Xenon ini kapasitas muatanya mencapai 3,5 ton, sedangkan Tata Ace HT kapasitas muatanya mencapai 2 ton. Kedua pickup ini mayoritas untuk mengangkut logistik dan barang keperluan rumah tangga.