Rahasia Dibalik Murahnya Es Krim Aice


Bagi para pecinta es krim pasti pernah mendengar nama Aice. Seperti diketahui, PT Alpen Food Industry (AFI), produsen es krim Aice, menjual produk-produknya dengan harga yang tergolong murah diperbandingkan produk es krim lainnya. 

Harga termurah es krim Aice hanya Rp2.000-an dan termahalnya Rp10.000. Lalu bagaimana bisa harga es krim Aice itu murah? 

Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong, membeberkan, ada sebagian alasan dibalik murahnya harga es krim Aice. Pertama, sebab Aice membawa teknologi produksi massal yang canggih, sehingga bisa membikin jumlah produksi es krim yang diolah menjadi lebih banyak. Sementara biaya yang dibutuhkan untuk produksinya menjadi kian murah.


"Cold chain (rantai pendingin) yang diaplikasikan untuk pendistribusian juga memutuskan harga. Di mana sudah ada gudang pendingin, jadi sekali ngambil sudah bisa banyak," kata Sylvana saat sesi diskusi di pabrik Aice, Bekasi, Sabtu (4/7/2020). 

Apalagi, kata ia, dengan adanya tim Research and Development (R&D) yang berpengalaman, mereka bisa memilih bahan-bahan baku yang murah serta bermutu untuk diaplikasikan. 

"R&D kita tak akan berhenti, bulan depan atau dua bulan ke depan pasti akan ada satu produk baru lagi," janji Sylvana.

Sementara untuk distribusi, Aice malahan lebih berpusat pada pasar tradisional. Dengan demikian itu, perusahaan mau segala kalangan baik buah hati-buah hati atau orang dewasa tak perlu jauh-jauh ke supermarket atau ke modern ritel untuk menerima es krim Aice.

"Saat ini sudah lebih dari 200.000-an toko. Dibandingi modern market hanya puluhan ribu," ungkapnya. 

Aice juga dipastikan tahun depan akan membuka pabrik ketiga mereka di Sumatera, tepatnya di Medan. Sempurna investasi yang digelontorkan Aice untuk dua pabriknya merupakan di Medan dan Mojokerto senilai lebih dari Rp500 miliar