Penyakit Jantung

Pengertian Penyakit Jantung

Jantung ialah salah satu organ terpenting dalam badan. Organ berukuran se besar kepalan tangan ini berfungsi memompa & menyebarkan darah yg mengandung oksigen ke semuatubuh.

Penyakit jantung koroner serta dikenal bersama istilah penyakit jantung iskemik & termasuk juga salah satu penyebab kematian teratas di Indonesia. Sekitar 35 % kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung. Menurut Federasi Jantung Dunia, angka kematian akibat penyakit jantung koroner di Asia Tenggara mencapai 1,8 juta kasus kepada th2014.

penyakit-jantung

Penyebab Penyakit Jantung Koroner
Seseorang mengalami penyakit jantung koroner seandainya ajaran darah ke jantungnya tertahan oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dgn istilah aterosklerosis & yakni penyebab mutlak penyakit jantung koroner.
Selain bisa mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis pula bisa melaksanakan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Jika ini berlangsung, ajaran darah ke jantung terblokir sepenuhnya & serangan jantung juga berjalan. Faktor pemicu aterosklerosis meliputi kolesterol yg tinggi, merokok, diabetes, pun tekanan darah tinggi.

Jenis-jenis & Gejala Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner terbagi ke dalam dua type yg dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan falsafah darah, ialah angina (angin duduk) & serangan jantung.
Penyakit jantung yg tak ditangani bakal mendatangkan komplikasi mematikan. Ketika tak menerima suplai darah yg lumayan sampai terlampaui lemah buat memompa darah, kinerja jantung bakal menurun. Kondisi ini dikenal juga sebagai tidak sukses jantung. Komplikasi ini bisa berlangsung dengan cara tiba-tiba ataupun bertahap.

Jenis Pemeriksaan Penyakit Jantung Koroner
Pada diagnosis awal, dokter umumnya dapat menanyakan berkaitan gejala, riwayat kesehatan keluarga, juga pola hidup kamu. Jika mencurigai Anda mengidap penyakit jantung, dokter dapat menganjurkan Anda utk menjalani sekian banyak sensor buat mengonfirmasi diagnosis. contohnya, tes darah, elektrokardiogram (EKG), angiografi koroner, CT scan, punMRI scan.
Langkah Pengobatan Untuk Penyakit Jantung Koroner
Jika mengidap penyakit jantung, Anda amat sangat dianjurkan buat mengubah pola hidup Anda seperti menjaga pola makan, teratur berolahraga, minum obat dengan cara rutin &cocok anjuran dokter, juga berakhir merokok. Penyakit jantung koroner tak dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah biar tak memburuk. Dokter bakal menganjurkan langkah operasiutk menangani penyakit ini bila dimanfaatkan. Tujuan dalam pengobatan penyakit jantung yakni buat mengendalikan gejala & menyebabkan risiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.
Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
Terdapat sekian banyak langkah pencegahan yg sederhana buat menghindari penyakit jantung, yaitu:
Berhenti merokok.
Menerapkan pola hidup sehat, contohnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi pun berolahraga teratur.
Menjaga berat badan yg sehat.
Mengurangi mengkonsumsi minuman keras.