Toyota NAV1 Tidak Lagi Diproduksi Lokal

Otomotif Kekinian - Toyota NAV1 versi lokal atau totally thumped down (CKD) kini tidak dilanjutkan di Indonesia. Dari sumber mengatakan bahwa produksi mobil MPV square shaped yang dirakit PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat ditutup pada Jumat yang lalu. 

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membenarkan adanya informasi tersebut. Meski begitu bukan berarti Toyota NAV1 tidak lagi dijual di Indonesia, namun berubah status jadi totally developed (CBU).



Tabloid Otomotif "Benar sudah tutup produksinya. Nantinya NAV1 akan beralih statusnya menjadi totally developed (CBU)," ujar Warih. 

Dijelaskannya pula bahwa impor ke Indonesia nanti kemungkinan adalah demonstrate kembarannya, Toyota Voxy. 

"Tetapi, itu tergantung dari pihak Toyota Astra Motor (TAM). Bisa langsung konfirmasi kepada pihak TAM," ucap Warih. 

"Nantinya memang akan CBU statusnya, dan masih ada dua kemungkinan, apakah diimpor dari Jepang atau Thailand, masih belum pasti. Akan kita informasikan lagi tahun depan," ujar Fransiscus Soerjopranoto Executive General Manager Marketing TAM. 

Information penjualan Toyota NAV1 sepanjang 2016 periode Januari – Oktober tercatat sejumlah 423 unit dengan penjualan per bulan sekitar 42 unit.