Tips Cara Investasi Reksadana

Cara Investasi Reksadana - Reksadana adalah kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Kemudahan reksadana terletak pada besaran investasi yang tak perlu sebesar saham, yang membutuhkan modal puluhan juta. Anda hanya perlu menyimpan sejumlah modal yang dipercayakan kepada profesional untuk membeli saham sehingga anda tak perlu pusing memikirkan saham atau obligasi apa yang semestinya dibeli, manajer investasi yang akan mengelola modal anda.

Tips Cara Investasi Reksadana bagi Pemula

Investasi pada reksadana adalah salah satu investasi strategis bagi masyarakat pemberi modal, termasuk bagi para pemberi modal kecil dan orang-orang yang tak memiliki banyak waktu dan pengetahuan yang mendalam mengenai literasi keuangan, terutama untuk menghitung resiko atas suatu investasi. Melainkan banyak orang tak mengetahui Metode Investasi Reksadana.

Bagaimanakah Cara Investasi Reksadana? Beikut adalah langkah-langkahnya

Tips Cara Investasi Reksadana bagi Pemula dengan Mudah


1. Tentukan Tujuan
Tujuan anda b erhubungan dengan jangka waktu investasi dan variasi reksadana yang ideal untuk anda.

2.Kenali variasi-variasi reksadana
Ada berbagai variasi reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, campuran, saham, index, dollar, syariah, dan penyertaan terbatas.

3. Tentukan jangka waktu investasi
Untuk jangka waktu kurang dari setahun sebaiknya anda memilih reksadana pasar uang.Untuk investasi 1-3 tahun, anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap Untuk jangka waktu 3-5 tahun, gunakanlah reksadana campuran. Terakhir, untuk apabila mengharapkan investasi jangka panjang lebih dari 5 tahun, gunakanlah reksa dana saham.

4. Langkah-langkah investasi reksa dana
Tentukan mana yang seusau dengan kebutuhan anda. Jikalau mau uang lebih aman dengan hasil profit yang terbatas maka pilih reksa dana pasar uang, tapi apabila mau profit lebih dan mampu akan resikonya, anda bisa memilih reksadana campuran.
Langkah kedua adalah memilih produk reksadana yang seusai dengan pilihan variasi reksa dana anda. Lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir. Pastikan keuntungannya tetap.

5.Pastikan reksadana memiliki izin

6. Baca Prospektus Reksadana
Prospektus bisa dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Seluruh variasi berita yang Anda butuhkan seputar reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, tarif-tarif investasi, sampai tata cara pembelian dan penjualan reksadana.

Demikian tentang Cara Investasi Reksadana, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan.